Visitasi Simulasi Audit Mutu Eksternal (AME) Tahun Akademik 2019/2020

Sukabumi, lpm.ummi.ac.id - Rencana Strategis (Renstra) Universitas Muhammadiyah Sukabumi menargetkan Akreditasi A (Unggul) untuk sembilan Program Studi dan tambahan dua program studi terakreditasi B (Baik Sekali) sehingga jumlah program studi yang terkareditasi B akan menjadi 12 (dua belas) pada tahun 2020, hal ini harus menjadi perhatian seluruh elemen pimpinan terkait di lingkungan universitas Muhammadiyah Sukabumi mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas serta Pimpinan Program Studi.

Berkaitan dengan target akreditasi yang ditetapkan dalam Renstra UMMI 2017-2022, maka diperlukan pemetaan sejauh mana Program Studi dapat mencapai target akreditasi tersebut, untuk itu lembaga penjaminan mutu melaksanakan Simulasi Audit Mutu Eksternal (AME) untuk memetakan Program Studi mana saja yang memiliki peluang meningkatkan nilai akreditasi BAN-PT pada saat melakukan akreditasi atau re-akreditasi.

Simulasi AME adalah proses yang sistematis, independen dan terdokumentasi untuk mendapatkan bukti audit yang tergambar dalam instrumen akreditasi program studi serta mengevaluasinya secara obyektif untuk menentukan sejauh mana kesesuaian antara kriteria audit dengan kenyataan telah dipenuhi. Kegiatan Simulasi AME ini dilaksanakan dalam upaya membentuk sebuah siklus perbaikan dan peningkatan mutu yang terus menerus berkesinambungan, antara Audit Mutu Internal (AMI) dan Audit Mutu Eksternal oleh BAN-PT.

Salah satu tahap dari proses Simulasi AME  ialah melakukan asesmen lapangan untuk verifikasi, validasi  data teraudit, serta melakukan penilaian lapangan terhadap teraudit yang  bersangkutan. Simulasi AME dilakukan satu hari kerja penuh di lapangan oleh tim auditor yang telah ditunjuk oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan di SK-kan oleh Rektor.

Visitasi Simulasi AME dilakukan pada tanggal 25-29 Nopember 2019 kepada 7 Program studi di lingkungan UMMI yang akan melaksanakan Akreditasi dalam waktu dekat.