Workshop SPMI sebagai salah satu Kegiatan Perguruan Tinggi Asuh oleh ITB

Pada tanggal 15-16 Agustus 2017, UMMI mengadakan kegiatan workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai salah satu kegiatan dari program PT Asuh oleh ITB. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di auditorium Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang dihadiri oleh sekitar 60 orang peserta. Peserta dari kegiatan ini adalah dekan, wakil dekan, ketua program studi, sekretaris program studi, ketua lembaga dan tim penjaminan mutu UMMI.

Workshop SPMI dari ITBPada kegiatan ini pemateri dari ITB memberikan materi berupa gambaran umum dan kebijakan SPMI yang ada di ITB dan Kemenristekdikti dan pelatihan pembuatan standar serta instrumen mutu pada hari kedua. Hasil dari kegiatan ini setiap lembaga dan unit kerja yang ada di UMMI diharuskan membuat standar mutu sesuai dengan unit kerja masing-masing berdasar pada ketentuan Kemenristekdikti dan kekhasan dari UMMI sendiri.

Metode workshop yang dilakukan yaitu peserta dibagi ke dalam enam kelompok untuk memudahkan proses penyusunan standar mutu, dan masing-masing kelompok diberi tugas untuk menyusun standar mutu. Sebagai contoh standar mutu yang harus dibuat adalah standar mahasiswa dan lulusan, standar sarana dan prasarana, serta standar alumni. Masing-masing standar dikerjakan oleh dua kelompok. Hasil akhir kegiatan setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya.

Workshop SPMI oleh ITBUMMI sendiri telah memiliki perangkat kebijakan mutu, standar mutu dan manual mutu yang telah disusun pada tahun 2014 dan disempurnakan pada tahun 2017. Namun dengan adanya kegiatan workshop ini memberikan masukan yang lebih jelas tentang bagaimana menentukan standar mutu dan cara mencapainya.