Pendampingan Akreditasi Perguruan Tinggi sebagai Persiapan Reakreditasi AIPT Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

UMMI telah melaksanakan Akreditasi Institusi Pergruan Tinggi (AIPT) pada tahun 2014 dan mendapat predikat C. Sebagai bentuk komitmen dalam peningkatan mutu dan sesuai dengan rencana strategis UMMI yaitu untuk mendapatkan nilai akreditasi institusi B, maka pada Tahun 2017 ini UMMI akan melakukan reakreditasi.

pendampingan persiapan visitasi akreditasi UMMIDalam mempersiapkan kegiatan ini, UMMI mulai menyusun borang akreditasi sejak Bulan Mei 2017 dan mengirimkannya pada akhir Bulan Mei. Dengan tim yang dibentuk oleh rektor maka proses penyusunan dapat berjalan dengan lancar.

Untuk memantapkan proses visitasi akreditasi maka UMMI melakukan simulasi akreditasi dengan mendatangkan Bapak Dr. Nano Prawoto, S.E., M.Si dari UMY  dan Bapak Munawar, M.Ag.  Khalil dari UIN Sunan Kalijaga untuk mendampingi proses pravisitasi akreditasi AIPT pada tanggal 23-24 Agustus 2017.

pendampingan visitasi akreditasi AIPT UMMIKegiatan pendampingan ini dihadiri oleh seluruh civitas akademik UMMI  mulai dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan stakeholder. Tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah untuk mengetahui seberapa siap UMMI dalam menghadapi proses visitasi akreditasi. Pada hari pertama Dr. Nano Prawoto dan Bapak Munawar Khalil mengecek borang akreditasi mulai dari standar 1-7. Dari hasil pendampingan didapatkan berbagai saran dan perbaikan untuk proses visitasi akreditasi yang sebenarnya. Dan pada hari kedua dilaksanakan penutupan kegiatan.