PELATIHAN AUDITOR MUTU INTERNAL

Latar Belakang

Audit Mutu Internal (AMI) merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi sistem penjaminan mutu internal dan implementasinya. Monitor dan evaluasi terdiri dari audit, asesmen dan evaluasi yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan dan untuk mengetahui penyebab-penyebab ketidaksesuaian pelaksanaan dengan perencanaan. Proses audit ini harus dilaksanakan secara sistematis, independen dan terdokumentasi untuk mendapatkan bukti audit dan mengevaluasinya secara obyektif untuk menentukan sejauh mana kesesuaian antara kriteria audit dengan kenyataan dipenuhi.

Audit Mutu Internal terhadap mutu pendidikan tinggi menggunakan kriteria Standar Nasional PT yang terdiri dari SNP (Standar Isi, Proses, Kompetisi Lulusan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiyaan dan Penilaian Pendidikan) dan ditambah Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) serta Kerjasama.

Audit Mutu Internal harus dilakukan oleh auditor terlatih yang memahami dengan baik tujuan, prinsip, dan cara melakukan audit. Untuk meningkatkan kemampuan auditor dalam melakukan audit mutu internal, maka LPM UMMI menyelenggarakan Pelatihan Auditor Internal selama 2 hari, 28-29 Januari 2015

Tujuan

1. Meningkatkan pemahaman dan keterampilan para auditor dalam melakukan audit mutu internal

2. Menyamakan persepsi mengenai teknik dan tata cara melakukan audit mutu internal

Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah dihasilkannya para auditor handal yang dapat melaksanakan audit mutu internal di lingkungan UMMI.

Kepanitiaan

Ketua                  : Suhendar, S.Pd.

Sekretaris           : Risma Nurmilah, S.P.

Pemateri

Pemateri dalam kegiatan pelatihan ini adalah:  Asep M. Ramdan, S.E., M.M. (Ketua LPM UMMI)

Peserta Kegiatan

1. Tuah Nur, S.Sos., M.Si.

2. Dr. Reni Mulyani, M.Si.

3. Amalia Nur Milla, M.P.

4. Venita Sofiani, M.Si.

5. Arsyi Rizqia Amalia, M.Pd.

6. Suhendar, S.Pd.

Jadwal kegiatan:

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada Rabu dan Kamis, 28-29 Januari 2015